Halo Teman Teman Dan Tuan Tuan Sekalian.Saya Rehiga Muktilana Akan Memberi Kalian Ilmu Berupa Tulisan Yang Semoga Saja Akan Membuat Anda Sekalian Merasa Enak Membacanya


Put Your Minecraft Server Banner Here For Cheap Prices

Friday 23 February 2018

Macam Macam Media Penyimpanan - Rehiga Muktilana


Macam-macam media penyimpanan

1 .Pengertian

sebelumnya, kita harus tahu apa itu media penyimpanan. Media penyimpanan adalah suatu perangkat atau alat yang digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk document, aplikasi, audio, video dan lain sebagainya. Berikut media penyimpanan dibawah ini berfungsi sebagai penyimpanan data yang bisa kita gunakan dan bisa dibaca baik dengan pc/laptop.


2. Macam-macam media penyimpanan data


Media Penyimpanan Komputer mempunyai terdapat beberapa macam media, dalam dunia komputer media penyimpanan hanya mempunyai 3 kategori media penyimpanan data saja yaitu :


1. Media Penyimpanan Magnetik (Magnetik Storage Media)


2. Media Penyimpanan Optical (Optical Disk)


3. Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage)


Berikut ini penjelasan mengenai media penyimpanan


1. Media Penyimpanan Magnetik (Magnetik Storage Media)


Media Penyimpanan Magnetik Disk merupakan piranti penyimpanan paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read-write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sektor.

Kelebihan : Kapasitas penyimpanan data yang disediakan lebih besar dari media lainnya dan kecepatan akses data yang tinggi.

Kekurangan : Dari segi harga lebih mahal daripada jenis media penyimpanan yang lain.


Berikut macam - macam produk dari magnetik disk komputer yang sering kita jumpai :


1. Floppy Disk (Disket) adalah media penyimpan data magnetik disk terbungkus oleh plastik protektif tipis dan keras. Ukurannya paling besar mencapai 8 inchi yang dapat menyimpan data sekitar 80 kB, kemudian dalam beberapa tahun mengalami peningkatan yang mana pada tahun 1990 ukurannya menjadi 3 inchi dan mampu menyimpan data sekitar 250 MB


2. Harddisk merupakan media penyimpanan utama yang menyimpan berbagai data dan program komputer. Harddisk ini terbuat dari logam yang berbentuk piringan yang dilapisi oksida besi. Harddisk mampu menampung data dalam jumlah yang sangat besar dengan kecepatan akses yang tinggi dan bersifat non-volatile, jadi penggunaannya tidak perlu dikeluar masukkan seperti media lainnya.




Harddisk Eksternal adalah media penyimpanan seperti halnya Flashdisk yang menggunakan media penghubung USB yang ukurannya lebih tipis dari hardisk komputer. Kapasitasnya sama dengan harddisk internal. Tetapi harddisk eksternal ini menawarkan penyimpanan yang bersifat praktis. Layaknya seperti flashdisk dengan menggunakan suatu kabel usb yang mudah untuk dibawa kemana saja. Harddisk eksternal sering digunakan untuk menyimpan atau memback up data yang tinggi.



Flashdisk adalah media penyimpan data dengan kapasitas penyimpan cukup besar. Flash disk dihubungkan pada komputer melalui USB (Universal Serial Bus). Penggunaannya bisa dibaca atau ditulis, bentuk yang kecil dan ringan membuatnya bisa dibawa dengan mudah tidak membutuhkan ruang yang banyak.




Namun Bentuknya yang kecil tidak menutupi kelebihannya, yakni flashdisk ini dapat menyimpan data mencapai 1 TB dan itu setara dengan harddisk internal atau eksternal dan juga akses datanya lebih cepat daripada CD/DVD.


Memory Card (MMC) adalah media penyimpanan yang banyak dipakai pada peralatan computer dan elektronik, seperti kamera digital, laptop, handphone, ipod serta video game console karena ukuran yang kecil dan mampu menyimpan data berupa gambar, audio dan video, Memory card ini mampu menampung data sebesar 64 GB.




Zip Drive adalah media penyimpanan magnetic dengan head yang sangat kecil dan dapat menampung data hingga 750 MB. Zip Drive menjadi yang paling populer di antara produk jenis super-floppy yang ada. Namun CD-RW menggantikan posisi disk Zip, dan perekam CD internal dan eksternal Zip-650 atau Zip-CD tersebut dijual dengan merek Zip.




Media Penyimpanan Optical (Optical Disk)


Optical Disk adalah media penyimpanan data elektronik yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan sinar laser berbentuk piringan bulat sangat tipis.


Kelebihan : Beratnya yang ringan dibandingkan magnetic disk.


Kekurangan : Jika bagian bawah yang digunakan untuk membaca oleh komputer tergores, maka akan beresiko tidak bisa terbaca dan kehilangan data.


Berikut beberapa macam produk Optical Disk


Compact Disk (CD) adalah Suatu disk untuk menyimpan data berupa informasi audio yang telah di digitalisasi. System standar menggunakan disk 12 cm yang dapat merekam lebih dari 60 menit waktu putar tanpa terhenti.


CD Terbagi 2 jenis, yaitu :


1. CD-ROM (Compact Disk Read-Only Memori) adalah suatu media penyimpanan yang tidak dapat dihapus untuk menyimpan data computer. System standar menggunakan disk 12 cm yang dapat menampung lebih dari 700 Mbyte data komputer. Jadi penggunaan media ini hanya dapat satu kali pakai, tidak bisa dihapus atau diperbaharui lagi.


2. CD-R (Compact Disk Recordables) Merupakan CD untuk pengguna khusus biasanya untuk master CD dan photo CD, Lapisan reflektif terbuat dari emas sehingga berwarna kuning. dengan kapasitas yang sama sekitar 700 Mbyte. 

3. CD-RW (Digital Vidio Rewritables) Merupakan generasi CD yang dapat ditulis berulang kali, tetapi terdapat batasan untuk pemakaian ataupun penghapusan data sekitar 8 kali penghapusan data, jika penghapusan dilakukan berulang-ulang maka kapasitas CD-RW ini lambat laun akan berkurang.







4. DVD (Digital Vesatile Disk) adalah Salah satu jenis CD yang memiliki pita data lebih kecil, spiral data yang lebih rapat sehingga kapasitasnya lumayan besar bisa mencapai 4,7 GB untuk sisi tunggal dan berlapis tunggal laser optic yang digunakan adalah laser merah yang dapat berukuran lebih kecil dari CD biasa kualitas yang dihasilkan juga lebih baik dari CD model lain.
 





5. Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage) Cloud Storage atau komputasi awan adalah suatu media penyimpanan data yang dapat diakses dimana saja, dan kapan saja oleh para penggunanya melalui perantara jaringan yang terintegrasi dan tersinkronisasi melalui internet. dan Tentu saja filenya berada dikomputer dimana anda membuat akun cloud storage.




Berikut Adalah Macam Macam Media Penyimpanan , Apabila Ada Ketidak Pahaman Silahkan Komentar Dibawah Ya

Share:

0 comments:

Post a Comment

Yang Pernah Kesini

Blog Archive

Contact Form

Name

Email *

Message *

Saudara Saudari Saya

Powered by Blogger.